Saturday, February 7, 2009

Editorial Edisi I

Untuk melahirkan gagasan dan pengetahuan para dosen, alumni. mahasiswa program study ilmu lingkungan program pascasarjana universitas riau dan para ahli serta pemerhati lingkungan indonesia agar sampai ke tangan konsumen yang membutuhkannya disediakan wadah dalam bentuk majalah dengan nama "Econews". majalah ini bermarkas di PSIL PPS UNRI kampus UNRI Pattimura Gedung I, Jl. Pattimurra No. 9 Pekanbaru dan direncanakan terbit sekali dalam dua bulan.

Isu lingkungan telah memaksa beragam bangsa merubah cara bertindak tanduk terhadap alam sekitarnya. perubahan tindak tanduk mereka terlihat dari waktu ke waktu dengan semakin banyaknya negara secara perlahan mulai melunak dengan tuntutan pengurangan seumpama emisi karbon. isu lingkungan tidak lagi mengenal batas bangsa ataupun negara, tetapi telah menggelobal. banyak aspek kehidupan termasuk berhubungan dengan ekonomi dan politik telah berhubungan dengan isu lingkungan.

Salah satu isu lingkungan yang paling mengemuka belakangan ini adalah berhubungan dengan global warming yang memiliki kaitan dengan gas rumah kaca. hal ini disebabkan mengingat pengaruh yang akan ditimbulkan masalah lingkungan ini diperkirakan sangat mengerikan (lihat laporan terakhir panel PBB di Valencia). beberapa pengaruh yang ditimbulkan termasuk naiknya permukaan air laut disebabkan mencairnya es di daerah kutub, meningkatnya suhu bumi, ketidak teraturan musim dan lain-lain.

pemerintah indonesia memiliki andil cukup besar dalam memperjuangkan pentingnya memelihara lingkungan. pihak pemda diberbagai penjuru nusantara telah melakukan tindakan ntaya terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan dimana-mana. namun aksi tersebut pada umumnya dilakukan dalam bentuk kegiatan sesaat, tanpa diikuti aksi pemeliharaan. kegiatan berupa seremonial tersebut disangsikan akan terhenti sampai disitu saja bila tidak disertai kesadaran seluruh lini masyarakat dan pendidikan yang memadai tentang perlunya memelihara lingkungan. dalam penyadaran terhadap perlunya menjaga lingkungan bisa disampaikan ke seluruh lapisan masyarakat melalui beragam media dan cara. dalam rangka penyadaran dan untuk menambah ilmu pengetahuan masyarakat akan perlunya memelihara lingkungan kami mengundang bapak ibu serta saudara dan saudari (penulis dan ilmuwan lingkungan) yang memiliki perhatian terhadap lingkungan untuk ikut berpartisipasi menyampaikan pendapat, ide, opini atau dalam bentuk tulisan lainnya melalui majalah ini. Selamat Membaca!

No comments: