Saturday, February 7, 2009

Editorial Edisi III

Salam lingkungan .…

Para pembaca cinta lingkungan, pada edisi ini kami menyajikan berbagai informasi lingkungan yang semoga dapat menambah kecintaan pembaca dalam kepedulian etis terhadap lingkungan. Kami menyajikan kenyamanan Taman Hutan Raya (Tahura) Sutan Syarif Hasyim yang dapat dijadikan tempat salah satu tujuan wisata keluarga bagi masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya. Walaupun masih membutuhkan sentuhan pengembangan disana sini, namun tahura telah menjadi alternative hiburan masyarakat yang telah mengalami berbagai permasalahan lingkungan. Berbagai permasalahan lingkungan seperti krisis air akibat pencemaran air, lapisan ozon yang mulai berlubang dan sampah harus mendapat perhatian serius dari pemerintah. Perubahan paradigma pada pengelolaan sampah perlu terus ditingkatkan dari open dumping menjadi sanitary landfill. TPA bukan lagi Tempat Pembuangan sampah Akhir tetapi Tempat Pengolahan Akhir. Agar kepedulian terhadap lingkungan semakin meningkat maka perlu adanya perencanaan lingkungan dalam setiap pembangunan. Dalam setiap pembangunan yang berwawasan lingkungan membutuhkan dokumen AMDAL yang berkualitas.

Disisi lain dalam operasional penangkapan ikan, Prof Arimoto dari Universitas Tokyo telah mendesain teknologi penangkapan ikan yang berwawasan lingkungan dengan nama Set-Net di daerah Bone, Sulawesi. Begitu pula masyarakat Rangsang Barat Bengkalis telah melakukan pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut secara terpadu. Pada edisi ini kami juga menyajikan hasil penelitian tentang evaluasi hasil fermentasi limbah cair rumah potong hewan kota Pekanbaru dengan EM4 dan Degra Simba.

Semoga media informasi lingkungan ini dapat mengalami peningkatan kualitas yang berarti bagi para pembacanya dan mendapatkan nilai tambah seperti hal nya Buah tanah diladang bakau Bantan.

Wasalam



 

No comments: